Air Terjun Putuk Truno di Prigen - Pasuruan

Table of Contents
Bagi warga kota Surabaya dan sekitarnya yang ingin menikmati tempat wisata alam yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Surabaya, pasti pilihannya akan pergi ke tempat wisata di kota Batu atau Malang. Sebenarnya ada tempat wisata yang dekat dengan kota Surabaya, yaitu kawasan wisata Tretes Prigen di kabupaten Pasuruan, merupakan daerah pegunungan yang mempunyai banyak potensi pariwisata alam. Wana wisata air terjun merupakan salah satu daya tarik, salah satunya adalah air terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di kawasan Tretes Prigen di Pasuruan yaitu air terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu daya tarik wisata di kawasan wisata Tretes Prigen di daerah Pasuruan, suasana alamnya yang berhawa sejuk bisa membuat siapapun yang berkunjung kesini akan merasa nyaman dengan hawa sejuknya.

Letek, akses jalan atau rute menuju air terjun Putuk Truno di Tretes - Prigen Pasuruan
Air terjun Putuk Truno terletak di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuno, lebih tepatnya di jalan Putuk Truno, desa Pecalukan, kecamatan Prigen kabupaten Pasuruan - Jawa Timur. Air terjun yang berada dikawasan wisata Tretes ini memiliki ketinggian air sekitar 45 m dan berjarak hanya sekitar 400 m dari air terjun Kakek Bodo.
Air terjun Putuk Truno di Tretes - Prigen Pasuruan
Dari kota Surabaya, lokasi air terjun Putuk Truno bisa di tempuh sekitar 1.5 jam dengan jarak 55 km menuju arah Tretes Prigen yang terkenal dengan wisata kuliner sate kelinci, Perjalanan menuju lokasi ini sedikit menanjak terutama setelah memasuki jalan raya Pandaan - Tretes. Sangat mudah menemukan lokasi air terjun Putuk Truno ini, karena akses jalannya yang dekat jalan raya dan lokasi air terjun Putuk Truno juga sangat dekat dengan lokasi air terjun Kakek Bodo yang sudah sangat terkenal itu.

Harga tiket masuk dan fasilitas air terjun Putuk Truno di Tretes - Prigen Pasuruan
Harga tiket masuk ke air terjun Putuk Truno sekitar Rp. 10.000 per orang, biaya parkir Rp.2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk roda empat. Dari lokasi pintu masuk, kita harus berjalan kaki 10 - 15 menit untuk sampai ke lokasi air terjun, medan jalannya tidak terlalu ekstrim, sangat mudah dilalui karena sudah tertata rapi, bersemen dan memudahkan pengunjung. Selama berjalan menuju lokasi air terjun, kita akan merasakan udara dingin dan keheningan alam, sampai terdengar suara gemuruh air menandakan kita makin dekat dengan lokasi air terjun Putuk Truno
Tiket masuk dan karcis parkir air terjun Putuk Truno

Jalan setapak menuju air terjun Putuk Truno

Disekitar lokasi air terjun banyak tempat duduk yang dibuat dari semen atau kayu untuk fasilitas pengunjung menikmati air terjun dari kejauhan tanpa harus berbasah-basahan. Daya tarik air terjun Putuk Truno benar-benar menarik pengunjung untuk turun menuju kolam penampungan air di bawah air terjun. Sembari memuaskan diri bermain air tak lupa berfoto ria dengan latar belakang kemegahan air terjun Putuk Truno. Gemuruh suara hempasan air, serta kencangnya tiupan angin membuat butiran-butiran air bisa dirasakan sampai ke tempat duduk di sekeliling tangga dan terasa dingin dan sejuk membasahi wajah kita ... sejuk.

Pemandangan dinding-dinding batu cadas yang menjulang mengelilingi air terjun  tampak terlihat segar, dan tanaman rambat berwarna hijau juga menghiasi sekeliling air terjun menambah suasana sejuk. Saat itu, di lokasi air terjun tidak terlihat sama sekali penjual makanan atau minuman, jadi jika kalian berencana mengunjungi air terjun Putuk Truno, tidak ada salahnya jika membawa bekal makanan atau minuman. Dan ingat, sayangi lingkungan dengan membuang bekas sisa makanan dan minuman di tempat yang sudah disediakan.
Aku dan air terjun Putuk Truno

Penginapan atau hotel di sekitar air terjun Putuk Truno di Tretes - Prigen Pasuruan
Kawasan Tretes - Prigen berudara sangat sejuk, dingin dan bebas dari kebisingan, di daerah ini juga banyak berdiri hotel, villa atau homestay yang disewakan untuk pengunjung. Banyak warga lokal yang kita temui disana menawarkan penginapan jika kalian berencana menginap dilokasi ini. Jika kurang nyaman dengan penginapan, Anda juga bisa memilih beberapa pilihan hotel yang ada di sekitar Tretes seperti hotel Surya & Cottages Prigen, hotel Royal Tretes, hotel Inna Tretes dan masih banyak pilihan hotel yang bisa Anda cek di aplikasi booking hotel online seperti Tiket.com atau Traveloka

Saya sudah merasakan sejuknya bermain air di air terjun Putuk Truno ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan kesegaran air terjun ini, selamat berlibur di Tretes - Prigen !

Pintu masuk air terjun Putuk Truno

Putuk Truno waterfall

Pengunjung menikmati air terjun Putuk Truno

Post a Comment