Pantai Balangan di Bali

Table of Contents
Pulau Bali terkenal dengan beragam pilihan tempat wisatanya, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner dan yang pasti wisata pantai. Sudah jadi rahasia umum kalau pulau dewata ini mempunyai banyak pantai yang bisa di kunjungi, mulai pantai yang ramai dan padat pengunjungnya seperti Pantai Kuta, Pantai Dreamland atau Pantai Pandawa, sampai pantai di Bali yang masih sepi pengunjung seperti Pantai Balangan

Pantai Balangan di Bali

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Bali, yaitu Pantai Balangan

Pantai Balangan merupakan salah satu pantai diantara barisan pantai-pantai indah yang berada di daerah Uluwatu Bali. Suasana daerah Uluwatu yang semakin padat dan ramai akan berubah menjadi tenang jika kalian sudah sampai di pantai ini.

Letak, akses jalan atau rute menuju pantai Balangan di Bali
Untuk menuju ke pantai Balangan, kita bisa menempuh rute dari arah pantai Kuta atau bandara I Gusti Ngurah Rai menuju ke selatan, ke arah Jimbaran atau Uluwatu. Setelah sampai Jimbaran, kita tinggal jalan terus melewati bukit Uluwatu, jalan lurus terus mengikuti arah jalan sampai kita melewati tempat wisata terkenal di Bali yaitu Garuda Wisnu Kencana / GWK. Dari GWK, kita jalan lurus sampai melewati perempatan jalan, kalau ke kiri ke arah Bali Cliff atau pantai Pandawa, kalau perempatan lurus ke arah Uluwatu atau pantai Dreamland, dan kalau ke kanan menuju pantai Balangan
Wisatawan menikmati pasir pantai Balangan - Bali

Rute menuju ke pantai Balangan, dari perempatan tersebut kita tinggal belok ke kanan, ikuti saja jalan itu. Jalan menuju ke pantai Balangan sudah beraspal tapi berkelak-kelok, kanan kiri masih banyak pohon, banyak perempatan atau pertigaan, ikuti saja jalan utama tersebut sampai di akhir tujuan kita sampai di lokasi parkir pantai Balangan.

Harga tiket masuk dan fasilitas pantai Balangan di Bali

Kalau sudah sampai di gerbang parkir pantai Balangan, kita harus membayar tiket parkir sebelum masuk ke lokasi pantai sebesar Rp. 2.000 per motor atau Rp. 5.000 permobil. Lokasi parkir pantai Balangan cukup luas juga untuk parkir motor maupun mobil, dari tempat parkir kita bisa menikmati pantai Balangan dari atas tebing. Dari ketinggian, pantai Balangan akan terlihat sangat indah dengan hamparan pasir pantainya yang putih dan berjejer pohon kelapa menghias tepian pantainya.
Anak tangga menuju pantai Balangan - Bali

Setelah puas menikmati pantai Balangan dari atas tebing, kita bisa turun melewati tangga untuk mendekati bibir pantai. Setelah menuruni beberapa anak tangga, kita akan menjumpai hamparan pantai dengan pasir putih bersih yang sangat indah. Setelah turun anak tangga, jika ke kanan kita akan menjumpai hamparan batu karang yang bertengger di tepian pantai Balangan, dan jika air laut mulai surut, dasar dari pantai tersebut akan terlihat lempengan karang yang ditumbuhi lumut-lumut hijau yang licin jika di pijak. Jika ke kiri setelah menuruni anak tangga, kita akan menjumpai hamparan pasir putih yang lembut dan berhias pohon kelapa yang berdiri rapi di tepi pantainya.
Lempengan karang di pantai Balangan - Bali

Deretan pohon kelapa di tepi pantai Balangan - Bali

Penginapan atau hotel di sekitar pantai Balangan Bali
Area Uluwatu Bali merupakan daerah yang mempunyai banyak lokasi wisata pantai yang eksotik di Bali, jadi tidak heran kalau di sekitar lokasi ini menjamur hotel-hotel yang siap menjadi jujukan para wisatawan untuk bermalam menghabiskan liburan selama di Bali

Keunikan dan keistimewaan pantai Balangan di Bali
Kondisi pantai Balangan yang sangat tenang dan cenderung sepi banyak dimanfaatkan pasangan yang akan menikah untuk foto prewedding dan mengabadikan keindahan pulau Bali di moment indah dalam hidup pasangan yang akan menikah ini. Selain itu banyak wisatawan asing yang memanfaatkan ombak di pantai Balangan untuk berselancar atau surfing. Jadi, jika anda mencari tempat berselancar atau surfing di Bali, pantai Balangan adalah pilihan yang tepat.

Pantai Balangan bisa kita kunjungi dengan berkendara menggunakan mobil atau motor, banyak persewaan mobil atau motor yang tersebar di tempat keramaian di Bali, jadi tidak perlu khawatir untuk akomodasi yang satu ini. Setelah dirasa cukup menikmati keindahan pantai Balangan, perjalanan bisa kita lanjutkan ke Tempat Obyek Wisata yang lain di Bali yang lokasinya dekat dengan pantai Balangan seperti pantai Pandawa, pantai Green Bowl, Garuda Wisnu Kencana / GWK, pantai Dreamland, pura Uluwatu, pantai Padang-Padang, pantai Suluban atau Blue Point

Saya sudah merasakan serunya mainan di pantai Suluban di Bali ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan untuk mengunjunginya, selamat berlibur di pulau dewata Bali !
Balangan beach in Bali

Pasir pantai Balangan - Bali yang sangat halus

Aktifitas wisatawan di pantai Balangan - Bali

Sunset di pantai Balangan - Bali

Post a Comment